Dinas Ketahanan Pangan Banyuasin Menggelar Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Tahun 2019

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banyuasin menggelar Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Tahun 2019 pada Kamis (5/11) .  Rapat yang dihadiri baik dari pihak pemerintah sebagai penentu kebijakan dan pihak swasta pelaku usaha di bidang Ketahanan Pangan dibuka secara resmi oleh  Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin Dr. HM. Senen Har, Sip. MSi yang mewakili Bupati Banyuasin H. Askolani, SH. MH.  Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Tahun 2019 mengambil tema Pemberdayaan Masyarakat melalui Pemanfaatan Lahan Pekarangan menuju Banyuasin Sehat.  Juga hadir pada acara tersebut adalah: Kepala Balai Besar POM Sumatera Selatan  Dra. Hardiningsih, Apt. MHSM, Manager HSE PT. Perta Samtan Gas, Asisten I Setda Kabupaten Banyuasin Kosarudin, Prof. Dr. Ir. Andi Mulyana, MSc Dekan Fakultas Pertanian Unsri/Ketua Pokja Ahli Dewan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Selatan sekaligus sebagai nara sumber, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan Ir. Ruzuan Efendi, MM serta perwakilan OPD terkait lainnya.

Pada acara tersebut disampaikan makalah Bupati Banyuasin H. Askolani, SH. MH yang diwakili oleh Pj Sekretaris Daerah Dr. HM. Senen Har, Sip. MSi.  Makalah yang disampaikan berjudul Program Percepatan Ketahanan Pangan menuju Banyuasin Sehat.  Makalah lain yang tidak kalah pentingnya disampaikan oleh Ketua Poja Ahli Dewan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Selatan yakni Dr. Ir. H. Andi Mulyana, MSc. Makalah yang disampaikan berjudul Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Memenuhi Kebutuhan Pangan, Penurunan Rawan Pangan, Peningkatan Indeks Ketahanan Pangan menuju Banyuasin Sehat.

Dalam penyampaiannya Dr. H. Senen Har, Sip. MSi selaku Pj Sekda Kabupaten Banyuasin menekankan bahwa fokus utama rapat dewan ketahanan pangan adalah merumuskan kebijakan program dan kegiatan sehingga ketahanan pangan dapat ditingkatkan baik dari sisi ketersediaan, distribusi dan konsumsi pangan.  Selain itu komitmen untuk mewujudkan visi misi Bupati/wakil Bupati Banyuasin, terutama terkait dengan Ketahanan Pangan adalah misi nomor 1 dan 4.  Misi nomor 1: Meningkatkan Sumberdaya Manusia Banyuasin Yang Berdaya Saing Tinggi Melalui Pendidikan dan Kesehatan Yang Berkualitas dan   misi nomor 2 yaitu  Meningkatkan Nilai Tambah Sumberdaya Alam, Sumberdaya Ekonomi Menuju Banyuasin Yang Sejahtera.  Selain itu Sekda menyampaikan pesan Bupati Banyuasin yang harus segera ditindak lanjuti yaitu: 1) Bagai mana menggerakan masyarakat untuk gotong royong, 2) Memanfaatkan multi fungsi posyandu, 3) Pemanfaatan pekarangan untuk berbudidaya sayur-sayuran, buah-buahan dan ternak untuk menambah nilai tambah ekonomi keluarga.  Terkait dengan pemanfaatan pekarangan untuk budidaya sayur-sayuran, buah-buhan dan ternak,  setiap desa dapat mengalokasikan dana desa untuk keperluan tersebut. Selain dana APBD/APBD bembiyaan kegiatan pemanfaatan pekarangankol juga diharapkan mengoptimalkan peran pihak swasta melalalui danan CSR.  Diharapkan peran OPD terkait untuk menjalin hubungan dengan pihak swasta

Pada acara Rapat Dewan Ketahan Pangan Kabupaten Banyuasin Tahun 2019 dilakukanpenanda tanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banyuasin dengan PT. Perta Samtan Gas tentang program CSR di Bidang Ketahanan Pangan dengan Pemkab. Banyuasin serta MOU dengan BPOM Provinsi Sumatera Selatan terkait masalah keamanan pangan.

Sebagai kesimpulan dari hasil Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan tersebut beberapa hal yang harus segerah ditindak lanjuti oleh seluruh stakeholders terkait, yaitu:

  1. Komitmen untuk mewujudkan visi misi Bupati/wakil Bupati Banyuasin, terutama terkait dengan Ketahanan Pangan adalah misi nomor 1 dan 4.
  2. Membuat surat edaran Bupati Banyuasin terkait dengan pemanfaatan dana desa untuk keperluan kegiatan pemanfaatan pekarangan
  3. Malakukan koordinasi dan kolaborasi kegiatan yang mendukung pemanfaatan pekarangan untuk budi daya sayur-sayuran, buah-buahan dan ternak antara OPD terkait.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*