Sekretaris Dinas

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan administrasi umum, perlengkapan, perencanaan, evaluasi, urusan keuangan, kepegawaian, hubungan masyarakat dan urusan lain yang tidak termasuk dalam tugas dan fungsi bidang-bidang.

Sekretariat menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan program kerja Sekretariat Dinas Ketahanan Pangan;
  2. pengelolaan informasi dan dokumentasi;
  3. pengelolaan surat menyurat, kearsipan, hukum, kehumasan dan penyusunan Produk Hukum Daerah;
  4. pengkoordinir kegiatan penyusunan anggaran Dinas Ketahanan Pangan;
  5. penyiapan data, informasi, hubungan masyarakat serta pelaksanaan inventarisasi rumah tangga kantor dan pembinaan urusan umum;
  6. pelaksanaan kebijakan Program Ketahanan Pangan;
  7. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan melaporkan Program Ketahanan Pangan;
  8. penyelenggaraan admistrasi keuangan;
  9. penyelenggaraan administrasi kepegawaian;
  10. penyelenggaraan kepustakaan internal;
  11. penyelenggaraan pengendalian internal;
  12. pelaksanaan hubungan kerja dengan satuan kerja lain yang terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugasnya;
  13. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

 

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian melaksanakan tugas:

  1. melakukan persiapan perencanaan dan perumusan program kerja;
  2. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) sesuai dengan lingkup kerjanya;
  3. menyusun rencana kegiatan sub bagian umum dan kepegawaian;
  4. menyelenggarakan pengelolaan administrasi kepegawaian dan ketatalaksanaan;
  5. melaksanakan/mengelola dan pemeliharaan urusan umum dan rumah tangga yang meliputi perlengkapan urusan dalam kehumasan dan protokol, surat menyurat, telex, faxcimile, telegram, radio telekomunikasi dan telepon serta arsip intern;
  6. melaksanakan dan mengelola administrasi barang;
  7. menyiapkan bahan-bahan dan melaksanakan proses pengangkatan, penugasan, mutasi, cuti, kenaikan pangkat, pemberhentian dan pensiun pegawai;
  8. mengajukan Daftar Urut Kepangkatan (DUK) dan Daftar Nominatif Pegawai;
  9. menyiapkan bahan laporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan;
  10. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Kepala Sub Bagian Perencanaan Program dan Pelaporan melaksanakan tugas:

  1. melakukan persiapan perencanaan dan perumusan program kerja;
  2. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) sesuai dengan lingkup kerjanya;
  3. menyusun rencana kegiatan sub bagian perencanaan program dan pelaporan;
  4. mendata urusan Ketahanan Pangan;
  5. menyiapkan kebijakan program urusan ketahanan pangan;
  6. memonitor dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pada seksi-seksi unit Dinas Ketahanan Pangan;
  7. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA);
  8. menyiapkan bahan penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU);
  9. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja (RENJA)/Rencana Kerja Perubahan (RENJA PERUBAHAN);
  10. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA)/Rencana Kerja Anggaran Perubahan (RKAP);
  11. menyiapkan bahan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP);
  12. menyiapkan dan membuat laporan dinas dari kegiatan yang telah dilaksanakan pada Dinas Ketahanan Pangan;
  13. menginventarisasi hasil pengawasan dan melaksanakan tindak lanjut hasil pengawasan;
  14. menyiapkan, menghimpun, menyimpan dan mendokumentasikan laporan hasil pemeriksaan, laporan pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan ke SIM HP;
  15. menyiapkan bahan laporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan;
  16. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Kepala Sub Bagian Keuangan dan Aset melaksanakan tugas:

  1. menyusun rencana kegiatan sub bagian keuangan dan aset;
  2. menyampaikan bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/Kerangka Acuan Kerja (KAK) anggaran rutin;
  3. memantau pelaksanaan anggaran rutin;
  4. melaksanakan inventarisasi dan pelaporan pelaksanaan anggaran;
  5. menyusun/mencatat realisasi anggaran rutin, rencana, pembagian dan penerimaan negara bukan pajak;
  6. menghimpun daftar transaksi, dokumentasi, Surat Perintah Membayar (SPM) dan informasi keuangan yang berisi bukti jurnal, buku besar, buku pembantu dan melaksanakan pemeriksaan atas kelengkapannya;
  7. menverifikasi Surat Pertanggungjawaban (SPJ) yang akan disampaikan ke atasan;
  8. melaksanakan administrasi inventarisasi dan laporan pertanggungjawaban pengelolaan barang;
  9. melaksanakan pengusulan penghapusan barang;
  10. menyiapkan bahan laporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan;
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.